Ma'aruf Amin: Vaksin Covid-19 Harus Kantongi Izin Halal

- 17 Oktober 2020, 11:08 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona: Para peneliti saat ini berencana akan lakukan tahap uji coba vaksin Covid-19 dengan cara menginfeksikan virus corona terlebih dahulu pada manusia. //ANTARA/Reuters/Dado Ruvic

HALO DEPOK - Keberadaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) selama masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan umat Islam Indonesia.

Bahkan fatwa MUI menjadi rujukan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan untuk mengutamakan keselamatan rakyat. Dalam soal vaksin, peran MUI pun juga penting bagi umat Islam.

Wakil Presiden Ma'aruf Amin yang juga menjabat Ketua MUI menjelaskan bahwa lembaga itu sudah dilibatkan pemerintah sejak awal pandemi di Indonesia.

Baca Juga: Miniatur Mobil Offroads Asal Tangerang Diburu Hingga Mancanegara

MUI sendiri sudah melaksanakan peranannya dalam pandemi Covid-19 di Indonesia sejak lama.

Ia menerangkannya saat melakukan dialog dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, dr. Reisa Brotoasmoro, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 16 Oktober 2020.

Fatwa MUI banyak menjadi acuan. Misalnya dalam ibadah shalat Jumat, shalat Idul Fitri, Idul Adha, pembayaran zakat yang dapat dipergunakan penanggulangan pandemi, tata cara beribadah bagi tenaga medis yang menggunakan baju hazmat.

"Karena mereka tidak mudah membuka bajunya, bagaimana sulitnya melakukan shalat seperti biasa, melakukan ruku, sujud dengan sempurna. Itu (dari MUI) ada panduannya," kata Ma'aruf.

Dilansir Halodepok.com, dari Kabartegal.pikiran-rakyat.com berjudul Ma'aruf Amin : Vaksin Covid-19 Harus Kantongi Izin Halal, Fatwa lainnya seperti pengurusan dan tata cara pemakaman jenazah atau pemulasaraan jenazah.

Halaman:

Editor: Sigit Akbar

Sumber: Kabar tegal


Tags

Komentar

Terkini

X